Cari Blog

Senin, 05 Maret 2012

IRAN

Nopember 2011

Badan Energi Atom PBB mengeluarkan laporan bahwa Iran memiliki teknologi untuk membuat senjata nuklir. Teheran mengembangkan teknologi membuat hulu ledak nuklir, yang dicangkokkan ke dalam misil nuklir. Iran mendapat bantuan teknis dari para ahli nuklir Rusia, Pakistan, dan Korea Utara. Hal ini menimbulkan kemungkinan adanya dimensi militer dalam misi program nuklir Iran.

Teheran berulang-ulang membantah tuduhan itu dengan menyatakan pihaknya sedang membangun program energi nuklir. Israel sendiri diketahui luas memiliki beberapa ratus peluru kendali nuklir tetapi negara itu tak pernah membenarkan atau membantahnya.

Media di Israel berspekulasi bahwa ada rencana untuk menyerang fasilitas nuklir Iran tetapi Menteri Pertahanan Israel, Ehud Barak dan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu sudah memutuskan akan melancarkan serangan terhadap Iran walaupun ada penentangan dari kepala militer dan intelejen. Amerika Srikat, Inggris dn Prancis semakin meningkatkan tekanan pada Iran menjelang dikeluarkan satu laporan PBB pekan depan yang mungkin memberikan rincian baru tentang sisi militer program nuklir Iran.

Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran, Jenderal Hassan Firouzabadi telah mempertimbangkan kemungkinan ada serangan apa pun (bahkan dengan tingkat probabilitas rendah dan tidak ramah) sebagai ancaman nyata. "Kami dalam keadaan siaga penuh". Peringatan Iran ini muncul di tengah-tengah spekulasi media Israel tentang rencana suatu serangan yang mengancam Iran.

China mendesak Iran, untuk bersikap luwes menyangkut program nuklirnya yang kontroversial. Cina juga memperingatkan Iran bahwa penggunaan kekuatan militer untuk menyelesaikan masalah itu adalah pilihan terakhir yang dibutuhkan Timur Tengah saat ini.

Januari 2012

Iran mengancam Amerika akan menutup teluk Hormuz dan ancaman ini ternyata sukses membuat AS dan Inggris cemas. Untuk mengantisipasi gerakan Iran, Amerika pun memulai pengintaiannya dengan pesawat, USS John C Stennis yang berbasis di Bahrain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.