Cari Blog

Sabtu, 29 Oktober 2011

Tanda-Tanda Hari Kiamat

Bencana dan Hari Kiamat
• Binasalah suatu kaum 
jika banyak terjadi kemaksiatan disana 
Nabi
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bangun dari tidurnya sambil bersabda: "Laa ilaaha illallaah, celakalah orang-orang Arab karena suatu bencana akan terjadi, yaitu hari ini dinding (bendungan) Yakjuj dan Makjuj telah terbuka sebesar ini". Dan Sufyan (perawi hadis ini) melingkarkan jarinya membentuk angka sepuluh (membuat lingkaran dengan jari telunjuk dan ibu jari). 
Aku (Zainab binti Jahsy) bertanya: "Wahai Rasulullah, apakah kita semua akan binasa padahal di antara kita banyak terdapat orang-orang saleh?"
Beliau menjawab: "Ya, jika banyak terjadi kemaksiatan".
(HR. Shahih Muslim No.5128 dari 
Zainab binti Jahsy ra)

• Hadis riwayat Aisyah ra., ia berkata:
Rasulullah صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bergerak-gerak di dalam tidurnya, maka kami bertanya: "Wahai Rasulullah, ketika engkau tidur, engkau melakukan sesuatu yang belum pernah engkau lakukan?"
Beliau menjawab: "Mengherankan! Ada sekelompok manusia dari umatku yang datang menuju Baitullah karena seorang lelaki Quraisy yang berlindung di Baitullah, sehingga ketika mereka telah tiba di suatu padang sahara mereka dibenamkan".
Kami bertanya: "Wahai Rasulullah, di jalan itu banyak berkumpul manusia?"
Beliau menjawab: "Benar! Di antara mereka terdapat orang yang pintar, orang yang terpaksa dan ada juga orang yang dalam perjalanan, mereka seluruhnya binasa dalam satu waktu, lalu mereka akan dibangkitkan oleh Allah di tempat yang berbeda-beda sesuai dengan niat mereka".
(HR. Shahih Muslim No.5134 dari 
Aisyah ra)

• 
Terjadinya fitnah bagaikan turunnya air hujan.
Nabi
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ menaiki salah satu bangunan tinggi di Madinah, kemudian beliau bersabda: "Apakah kalian melihat apa yang aku lihat? Sesungguhnya aku melihat tempat-tempat terjadinya fitnah di antara rumah-rumahmu bagaikan tempat turunnya air hujan".
(Shahih Muslim No.5135 dari 
Usamah ra)

• 
 Siapa mendapatkan tempat berlindung dari fitnah, hendaklah ia berlindung.
Rasulullah صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bersabda: "Akan terjadi fitnah di mana orang yang duduk (menghindar dari fitnah itu) lebih baik daripada yang berdiri dan orang yang berdiri lebih baik daripada yang berjalan dan orang yang berjalan lebih baik daripada yang berlari (yang terlibat dalam fitnah). Orang yang mendekatinya akan dibinasakan. Barang siapa yang mendapatkan tempat berlindung darinya, hendaklah ia berlindung". 
(Shahih Muslim No.5136 dari Abu Hurairah ra)

• Pembunuh dan yang terbunuh, keduanya akan masuk neraka karena niat. 
Aku mendengar Rasulullah
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bersabda: "Apabila dua orang muslim saling bertarung dengan menghunus pedang mereka, maka pembunuh dan yang terbunuh, keduanya akan masuk neraka".
Aku (Abu Bakrah) bertanya atau beliau ditanya: "Wahai Rasulullah, kalau yang membunuh itu sudah jelas berdosa, tetapi bagaimana dengan yang terbunuh?"
Beliau menjawab: "Karena sesungguhnya ia juga ingin membunuh saudaranya".
(Shahih Muslim No.5139 dari 
Abu Bakrah ra)

• Akan terjadi peperangan hebat padahal dakwahnya sama.

Rasulullah صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bersabda: "Hari kiamat tidak akan terjadi kecuali setelah dua golongan besar saling berperang sehingga pecahlah peperangan hebat antara keduanya padahal dakwah mereka adalah satu".
(Shahih Muslim No.5142 dari 
Abu Hurairah ra)

• 
Tidak akan terjadi hari kiamat kecuali setelah banyak peristiwa pembunuhan .
Rasulullah صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bersabda: "Tidak akan terjadi hari kiamat kecuali setelah banyak peristiwa haraj".
Mereka bertanya: "Wahai Rasulullah, apakah haraj itu?"
Beliau menjawab: "Pembunuhan, pembunuhan".
(Shahih Muslim No.5143 
dari Abu Hurairah ra)

Tiga fitnah yang dikabarkan oleh Rasulullah 
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ .
Hudzaifah bin Yaman berkata: "Demi Allah, aku adalah orang yang paling mengetahui setiap fitnah yang akan terjadi dari sejak zamanku sekarang sampai hari kiamat, karena Rasulullah  صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ pernah membisikkan kepadaku sesuatu tentang hal itu yang tidak pernah dibicarakan kepada orang selainku. Tetapi Rasulullah صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ pernah bersabda ketika beliau bicara dalam suatu majelis yang aku hadiri tentang fitnah. Kemudian Rasulullah صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bersabda sambil menyebutkan satu-persatu fitnah-fitnah itu di antaranya adalah tiga fitnah yang hampir tidak meninggalkan sesuatu apa pun, di antaranya juga ada fitnah yang seperti hembusan angin musim panas, ada yang kecil dan ada yang besar".
(Shahih Muslim No.5146 dari 
Hudzaifah bin Yaman)

• 
Hari kiamat tidak akan terjadi sebelum sungai Euphrat menyingkap gunung emas. 
Rasulullah صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bersabda: "Hari kiamat tidak akan terjadi sebelum sungai Euphrat menyingkap gunung emas, sehingga manusia saling membunuh (berperang) untuk mendapatkannya. Lalu terbunuhlah dari setiap seratus orang sebanyak sembilan puluh sembilan dan setiap orang dari mereka berkata: "Semoga akulah orang yang selamat".
(Shahih Muslim No.5152 
dari Abu Hurairah ra)

• 
Kiamat tidak akan terjadi sebelum api muncul dari tanah Hijaz. 
Rasulullah
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bersabda: "Kiamat tidak akan terjadi sebelum api muncul dari tanah Hijaz yang dapat menerangi leher-leher unta di Basrah".
(Shahih Muslim No.5164 
dari Abu Hurairah ra)

• 
Fitnah akan terjadi di timur. 
Rasulullah
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bersabda sambil menghadap ke arah timur: "Ketahuilah, sesungguhnya fitnah akan terjadi di sana! Ketahuilah, sesungguhnya fitnah akan terjadi di sana. Yaitu tempat muncul tanduk setan".
(Shahih Muslim No.5167 
dari Ibnu Umar ra)

• Rasulullah
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bersabda: "Kiamat tidak akan terjadi sebelum pinggul-pinggul kaum wanita suku Daus bergoyang di sekeliling Dzul Khalashah".

(Shahih Muslim No.5173 dari Abu Hurairah ra)
Ket: Tabalah adalah nama daerah di Yaman. Dzul Khalashah adalah berhala yang disembah suku Daus di Tabalah pada zaman jahiliah. 



•  Kiamat tidak akan terjadi sebelum seseorang melewati kuburan orang lain, lalu ia berharap dapat menggantikan tempat si mayit karena beratnya cobaan dunia. 
Rasulullah
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bersabda: 'Kiamat tidak akan terjadi sebelum seseorang melewati kuburan orang lain, lalu berkata: "Alangkah senangnya bila aku menempati tempatnya!". (Shahih Muslim No.5175 dari Abu Hurairah ra)

• Rasulullah
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ . bersabda: "Kiamat tidak akan terjadi sebelum seorang lelaki muncul dari Qahthan menggiring manusia dengan tongkatnya".
(Shahih Muslim No.5182 
dari Abu Hurairah ra)

• 
Kiamat tidak akan terjadi sebelum kalian memerangi kaum yang wajahnya seperti perisai dan  sandalnya terbuat dari bulu.
Rasulullah
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bersabda: "Kiamat tidak akan terjadi sebelum kalian memerangi suatu kaum yang wajahnya seperti perisai dan kiamat tidak akan tiba sebelum kalian memerangi suatu kaum yang sandalnya terbuat dari bulu".
(Shahih Muslim No.5184 
dari Abu Hurairah ra)

• 
Batu berkata: "Hai muslim, ini orang Yahudi, kemari dan bunuhlah dia. 
Nabi
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bersabda: "Kamu sekalian pasti akan memerangi orang-orang Yahudi, lalu kamu akan membunuh mereka, sehingga batu berkata: "Hai muslim, ini orang Yahudi, kemari dan bunuhlah dia!".
(Shahih Muslim No.5200 dari Ibnu Umar ra)

• 
Kiamat tidak akan terjadi sebelum kaum muslimin memerangi orang-orang Yahudi. 
Rasulullah
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ . bersabda: "Kiamat tidak akan terjadi sebelum kaum muslimin memerangi orang-orang Yahudi, lalu kaum muslimin dapat mengalahkan (membunuh) mereka, sampai-sampai seorang Yahudi bersembunyi di balik batu dan pohon lalu batu dan pohon itu berseru: "Hai orang muslim, hai hamba Allah, ini seorang Yahudi di belakangku, kemari dan bunuhlah dia!" Kecuali pohon gharqad (sejenis pohon cemara atau pohon berduri), karena pohon itu adalah pohon orang Yahudi.
(Shahih Muslim No.5203 dari 
Abu Hurairah ra)

• 
Kiamat tidak akan terjadi sebelum dibangkitkan dajjal 
Nabi
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ., beliau bersabda: "Kiamat tidak akan terjadi sebelum dibangkitkan dajjal-dajjal pendusta yang berjumlah sekitar tiga puluh, semuanya mengaku bahwa ia adalah utusan Allah".
(Shahih Muslim No.5205 
dari Abu Hurairah ra)

Kiamat sudah dekat.
Nabi
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. bersabda sambil memberikan isyarat dengan jari telunjuk dan jari tengah: "Waktu aku diutus (menjadi rasul) dan waktu hari kiamat adalah seperti ini (mengisyaratkan dekatnya waktu kiamat)".
(Shahih Muslim No.5244 dari 
Sahal bin Saad ra)

• 
Kiamat sudah dekat. 
Rasulullah
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bersabda: "Waktu aku diutus (menjadi rasul) dan waktu hari kiamat adalah seperti jarak antara kedua jari ini."
(Shahih Muslim No.5245 dari Anas bin Malik ra)

• Apabila orang-orang Arab badui datang menghadap Nabi saw. mereka bertanya: "Kapankah kiamat akan tiba?
Lalu beliau memandang kepada orang yang paling muda di antara mereka dan bersabda: "Seandainya dia hidup, sebelum dia menjadi tua renta, maka kiamat akan terjadi".
(Shahih Muslim No.5248 dari Aisyah ra)

• Bahwa seorang lelaki bertanya kepada Rasulullah saw: "Kapankah kiamat akan tiba?
Di sebelahnya terdapat seorang pemuda Ansar yang masih belia bernama Muhammad, maka Rasulullah
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bersabda: "Ketika pemuda ini hidup lama, maka sebelum ia mencapai usia tua renta kiamat sudah tiba".
(Shahih Muslim No.5249 
dari Anas bin Malik ra)

• 
Rasulullah صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bersabda: "Jarak waktu antara dua tiupan sangkakala itu adalah empat puluh".
Mereka bertanya: "Wahai Abu Hurairah, apakah empat puluh hari?"
Ia menjawab: "Aku tidak dapat menyebutkan".
Mereka bertanya lagi: "Empat puluh bulan?"
Ia menjawab: "Aku tidak dapat menyebutkan".
Mereka bertanya lagi: "Empat puluh tahun?"
Ia menjawab: "Aku tidak dapat menyebutkan".
Kemudian Rasulullah
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bersabda lagi: "Lalu Allah menurunkan hujan, sehingga mayat-mayat tumbuh (bangkit) seperti tumbuhnya tanaman sayuran. Tidak ada satu bagian tubuh manusia kecuali semua telah hancur selain satu tulang, yaitu tulang ekornya dan dari tulang itulah jasad manusia akan disusun kembali pada hari kiamat.
(Shahih Muslim No.5253 
dari Abu Hurairah ra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.