Cari Blog

Sabtu, 07 Januari 2012

Shalat Dhuha.

"Kekasihku (Nabi Muhammad Saw) mewasiatkan kepadaku untuk berpuasa tiga hari dalam tiap bulan, melakukan dua rakaat shalat dhuha dan melakukan sholat witir sebelum tidur.” (HR. Bukhari Muslim dari Abi Hurairah ra)

Dalam keterangan lain :
"Tiap pagi ada kewajiban sedekah bagi tiap ruas tulang kalian, Setiap tasbih adalah sedekah, Setiap tahmid adalah sedekah, Setiap takbir adalah sedekah, memerintahkan untuk melakukan kebaikan adalah sedekah, melarang dari kemungkaran adalah sedekah, dan semua itu dapat tercukupi dengan melakukan dua rakaat shalat dhuha.” (HR. Muslim dari Abi Dzar ra)

Sementara bacaan surat (selain al-fatihah) dalam shalat dhuha Nabi saw tidak mencontohkan secara khusus harus membaca surat ini dan itu. Hal ini tentu disesuaikan dengan hafalan kita terhadap ayat al-Quran. Jadi jangan punya anggapan bahwa dalam shalat dhuha itu mesti bacaan surat tertentu. Hal ini belum ditemukan dalil yang mendasari amalan tersebut. Dan belum ditemukan keterangan yang menyebutkan bacaan-bacaan khusus setelah melaksanakan shalat dhuha.

Allohu A'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.